Dalam Pameran Karya Ilmiah, Kulit Pisang Jadi Bahan Pembangkit Listrik

final

Light Trap Dengan Listrik Berbahan Baku Kulit Pisang

beritasurabayanet – Balai Pemuda: Fakultas Teknik Lingkungan Hidup ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) mengadakan lomba karya tulis ilmiah dan pameran karya ilmiah dengan tema “ Energy Alternatif Ramah Lingkungan Yang Tepat Guna Bagi Masyarakat” .

Acara yang digelar mulai hari Kamis (26/03/2009) sampai dengan hari Sabtu (28/03/2009) tersebut, diadakan di Balai Pemuda, Jl. Pemuda Surabaya.

Latar belakang pihak.penyelenggara mengadakan acara tersebut adalah untuk merangsang minat generasi muda mencari sumber energi alternatif menggantikan sumber energi konvesional berbahan baku dasar minyak bumi yang mulai menipis.

Dari semua karya peserta lomba yang dipamerkan ada satu karya yang mendapatkan perhatian dari pengunjung yaitu “ Ba-Na Gyzer “.

p1010048

Zulfikar Bersama Hasil Karyanya

Sistem kerja alat temuan 3 mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri ITS itu adalah menggunakan cairan hasil fermentasi kulit pisang yang selanjutnya dengan proses elektrolisis digunakan untuk mengoperasikan Light Trap.

Keuntungan lain dari ciptaan mereka, selain murah dan ramah lingkungan, limbah dari proses elektrolisis dapat digunakan sebagai pupuk alami.

Ketua panitia, Ardana Wiranata ketika di wawancarai oleh wartawan beritasurabayanet mengatakan bahwa acara tersebut digelar untuk membangkitkan daya pikir serta minat generasi muda dalam upaya mencari sumber energi alternatif yang ramah lingkungan bagi masyarakat, lebih lanjut Ardana juga mengatakan bahwa negara Indonesia kaya akan sumber daya energi selain minyak bumi, namun kurangnya eksplorasi menyebabkan kondisi cadangan energi yang ada mulai menipis, berkurangnya cadangan minyak bumi serta diiringi dengan fluktuasi harga minyak bumi di pasar domestik dan internasional menjadikan sumber energi berbahan baku minyak bumi menjadi tidak ekonomis, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengoptimalkan pencarian dan penggunaan energi alternatif. (Hafid)

%d blogger menyukai ini: