Peringatan May Day : Buruh Bakar Replika Tikus Bergambar Presiden

beritasurabayanet – detiksurabaya : Aksi buruh memperingati May Day di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya diwarnai kericuhan. Polisi membubarkan massa yang membakar poster SBY-Boediono.

Aksi bakar foto presiden dan wakil presiden bersama sebuah replika tikus warna biru itu dilakukan massa dari Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Sabtu (1/5/2010).

Massa yang berasal dari buruh di Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan beberapa kota di Jatim lainnya, berjalan kaki dari arah Royal Plaza menuju ke Grahadi, mengusul berbagai poster, replika tikus berwarna biru yang ditempeli gambar SBY-Boediono dan lembaran ‘uang’ seratus ribuan.

Awalnya, aksi tersebut berjalan tertib dan beberapa peserta aksi menyampaikan orasinya, menilai pemerintah SBY – Boediono gagal mensejahterakan rakyatnya serta menuntut pemerintah memperhatikan nasib serta menjamin kesejahteraan buruh.

Kericuhan mulai terjadi, ketika massa aksi membakar replika patung tikus yang juga terdapat gambar presiden dan wakil presiden.

Meski massa mengelilingi replika tikus dibakar, polisi langsung sigap menerobos barikade massa dan menyelamatkan gambar orang nomor satu dan dua di Republik Indonesia.

Massa aksi sempat melakukan perlawanan, namun kembali tenang dan menyanyikan yel-yel. Kericuhan pun kembali terjadi lagi, ketika polisi akan memadamkan api yang membakar replika tikus biru.

Massa pun berontak dan sempat terjadi rebutan tabung pemadam kebakaran, antara puluhan polisi dengan belasan buruh.  Situasi akhirnya dingin setelah Kapolres Surabaya Selatan AKBP Bahagia Dachi menarik mundur anggotanya. Demikian pula massa buruh. (Red.)

%d blogger menyukai ini: