Fotografer Diinterogasi Keamanan

Manajemen Surabaya Post Akan Laporkan Security Konjen AS

beritasurabayanet – detiksurabaya : Manajemen Surabaya Post akan membawa masalah penangkapan dan interogasi yang dilakukan security Konjen AS terhadap fotografernya ke proses hukum. Rencananya, kasus itu akan dilaporkan ke Polwiltabes Surabaya sore ini.

” Protes keras. Kita tidak hanya melayangkan surat ke Konjen Amerika Serikat dan dewan pers. Kita juga akan melaporkan ke Polwiltabes biar masalah ini diproses hukum ,” kata Pemred Surabaya Post, Bambang Hariawan, saat dihubungi detiksurabaya.com, Sabtu (29/5/2010).

Bambang mengatakan, tindakan yang dilakukan oleh Ronny C. Kolibu, petugas keamanan Konjen AS dengan melakukan penangkapan terhadap wartawannya sudah melampui batas dan seenaknya sendiri.

Menurutnya, Iwan Heriyanto, fotografer Surabya Post sedang menjalankan tugas pemotretan Gedung Wismilak sebagai salah satu bangunan cagar budaya. Iwan, waktu itu tidak ada maksud memotret Konjen AS. Selain itu, jarak lokasi pemotretan dengan gedung Konjen AS juga cukup jauh.

” Kita ini bekerja di negara sendiri. Negara kita sudah merdeka tapi masih ada oknum-oknum seperti itu. Selain melecehkan warga negara Indonesia, juga melecehkan profesi wartawan yang dilindungi UU Pokok Pers No 40 Tahun 1999 ,” tegasnya.

Bambang mengatakan, dalam laporannya ke Polwiltabes Surabaya, pihaknya akan melaporkan tentang dugaan pelanggaran UU Pokok Pers No 40 Tahun 1999, dan pencemaran nama baik atau melecehkan.

” Sore ini setelah deadline, kita akan melaporkan ke Polwiltabes. Laporan kita sementara ini fokus ke security konsulat yang terlalu jauh bertindak ,” jelasnya. (Red.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: