Pilkada Kota Surabaya

Yulius Tak Boleh Coblos, FU Berang

beritasurabayanet – Jl. Teluk Penanjung (beritajatim.com) : Calon wakil walikota (cawawali) pasangan Fandi Utomo (FU), Yulius Bustami harus merelakan hak suaranya dan tidak bisa mencoblos, karena dirinya tidak terdaftar dalam DPT pilwali. Pasalnya, status Yulius dianggap masih sebagai perwira TNI AL aktif dan belum boleh mencoblos di TPS 20 Kelurahan Perak Utara, Kecamatan Pabean Cantikan.

Ketua KPPS TPS 20 Nurwindo kepada beritajatim.com, Rabu (2/6/2010) menjelaskan, pihaknya tidak mengetahui bahwa nama Yulius Bustami tidak ada dalam DPT, melainkan yang terdaftar hanya nama istri Yulius, yakni Mimi Megaria. ” Persoalan DPT itu kan wewenang dari KPU Kota Surabaya. Pak Yulius juga sudah tidak mempermasalahkannya, karena beliau yakin warga di sekitar sini telah mengenalnya sebagai calon wakil walikota ,” katanya.

TPS 20 di Jl Teluk Penanjung, Perak Surabaya memiliki DPT sebanyak 418 orang dan 428 surat suara. Nama Yulius memang tidak ada dalam DPT, karena masih berstatus sebagai perwira aktif di TNI AL. Dalam aturannya, Yulius bisa terdaftar sebagai pemilih, jika 6 bulan sebelum penetapan DPT yang bersangkutan telah mengundurkan diri.

Fandi Utomo ketika mengetahui informasi tersebut, dirinya tampak kaget dan berang setelah diwawancarai wartawan di kediamannya. ” Saya sangat kecewa dengan KPU. KPU sangat keterlaluan karena masak seorang cawawali tidak bisa menyalurkan hak suaranya, apalagi ini terjadi pada warga biasa. Saya akan mengajukan protes tertutup kepada KPU ,” tegasnya bersungut-sungut.

Lain halnya dengan tim sukses FU-YU Daniel Assegaf yang legawa menerima masalah ini. Pasalnya, Yulius memang mengundurkan diri pada 22 Maret 2010. Saat Yulius mundur, proses tahapan pilwali telah memasuki penetapan DPS menjadi DPT. ” Tidak ada masalah bagi kami ,” pungkasnya. (Red.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: