Pilkada Kota Surabaya

Pasangan Arif Afandi-Adies Kadier, Minta Coblosan Ulang

beritasurabayanet – Jl. Comal : Banyaknya kecurangan yang ditemukan, membuat Tim Pemenangan Arif Afandi-Adies Kadir (CACAK) geram. Mereka menuntut dilakukan coblosan ulang di daerah-daerah yang ditemukan kecurangan.

Diantara 7 kasus, ada dua daerah yang terjadi pelanggaran berat, yaitu Sukomanunggal dan Pakal, pada tanggal 2 Juni 2010, pukul 22.30 WIB, tim pemenangan pasangan nomor urut 3 (Cacak) Mahmudi menyaksikan Hj Dewi Handayani (PPK Kecamatan Pakal) memimpin prosesi buka kotak suara di Pendopo Kecamatan Pakal.

Waktu pelaksanaan pembukaan kotak suara tersebut,  tidak sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh KPUD Kota Surabaya, parahnya .. pembukaan kotak suara  tersebut dihadiri PPK, Panwascam, PPS, dan saksi-saksi TPS, kecuali saksi pasangan nomor urut 3 (cacak) dan saksi PPK semua pasangan calon.

Hal yang serupa juga terjadi di Kecamatan Sukomanunggal, kotak suara dibuka tanpa saksi lengkap dan diluar jadwal yang ditentukan oleh KPUD Kota Surabaya, yaitu pada 2 Juni pukul 14.00 WIB.

” Menurut kami kegiatan yang dilakukan diluar jadwal tersebut merupakan tindakan yang salah dan melanggar aturan main pilkada, menurut pengakuan saudari Dewi Handayani, perbuatan buka kotak suara pada tanggal 2 Juni 2010 tersebut dilakukan atas perintah KPUD Kota Surabaya ,” tegas Yunianto Wahyudi Ketua Tim CACAK didampingi Taufik Rohman, Media Officer CACAK di Posko CACAK Jalan Comal 17, Sabtu (5/6/2010).

Kuasa hukum CACAK, Fachmi Bachmid, mengultimatum kepada Panwas maupun KPU untuk tidak menghitung hasil coblosan atau hasil penghitungan di PPK Sukomanunggal dan Pakal. Alasannya karena tidak bisa dijamin validitas hasilnya akibat kotak suara dibuka tanpa prosedural.

” Bagaimana kita bisa percaya kalau kotak suara sudah dibuka sebelumnya,  dengan temuan kita ini maka Pilwali sudah ternoda dan tidak bisa dipertanggungjawabkan keabsahan kertas suara yang dicoblos ,” kata Fachmi saat dihubungi.

Untuk itu Tim CACAK, kata dia, meminta KPU untuk membatalkan hasil suara di Sukomanunggal dan Pakal.” Dan segera lakukan pemilu ulang ,” tandas Fachmi berapi-api. (Red.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: