Gerhana Bulan Parsial

Warga Di Kampung Presiden Ramai-Ramai Nonton Gerhana Bulan

beritasurabayanet – detiksurabaya : Gerhana bulan yang terlihat di wilayah Indonesia menarik perhatian warga. Seperti di Pacitan di sejumlah ruas jalan dipenuhi masyarakat yang ingin melihat fenomena alam dengan mata telanjang. Cuaca cukup cerah mendukung melihat bulan perlahan-lahan tertutup awan.

Masyarakat di kampung halaman Presiden SBY ini melihat gerhana bulan mulai pukul 18.30 WIB, Sabtu (26/6/2010).

” Mulai tadi saya sudah keluar rumah. Menakjubkan sekali. Jarang bisa menyaksikan pemandangan seperti ini ,” kata Jumadi (42), warga RT 1 RW 7 Ploso, Pacitan kepada detiksurabaya.com.

Pantauan di lapangan, gerhana diawali tertutupnya sebagian kecil permukaan bulan. Bayangan yang mencitrakan warna hitam tersebut semakin melebar hingga menutup separuh bagian bulan. Bidang yang terang dan gelap dipisahkan garis lurus.

Gerhana bulan parsial seperti ini akan terjadi 2 kali pada tahun 2010 ini. Pertama kali pada 26 Juni esok dan 21 Desember 2010 mendatang. Peristiwa gerhana bulan terbilang cukup langka dan jarang terjadi hingga 2 kali di negara yang sama. Siklus gerhana bulan separo di Indonesia yaitu 18 tahun. (Red.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: