Perahu Nelayan Tuban Hancur Digulung Ombak

beritasurabayanet – detiksurabaya : Puluhan perahu yang ditambatkan di Pantai Kingking Tuban dihajar ombak dan gelombang besar setinggi 4 meter. Naasnya perahu milik salah satu nelayan, Priyanto (53) asal Kelurahan Kingking, Kecamatan Kota, hancur setelah ditelan ombak.

Meski begitu tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Bahkan, Priyanto saat kejadian sedang melaut ikut kapal besar. Sebab sejak seminggu lalu kapal kecil tak berani melaut.

Keterangan yang dihimpun di lokasi menyebutkan ombak besar mulai terjadi sejak subuh tadi. Puluhan perahu yang ditambatkan di Pantai Kingking diombang-ambingkan gelombang.

Sialnya ikatan jangkar perahu bermesin tempel milik Priyanto putus. Akibatnya perahu naas itu langsung dibawa ombak hingga terhempas di karang, kemudian hancur. Porak-porandanya perahu itu hanya menyisakan mesin diesel saja.

” Penyebabnya tali yang mengikat jangkar putus. Perahu saya juga kena ombak, tapi selamat karena ikatan tali jangkarnya kuat ,” kata Maduro (50), nelayan setempat yang ditemui detiksurabaya.com di Pantai Kingking, Kecamatan Kota, Tuban, Senin (28/6/2010).

Melihat kondisi perahu Priyanto remuk dihantam ombak, sejumlah nelayan yang berjaga di pantai memberi pertolongan. Namun upaya mereka sia-sia, karena hantaman yang keras dari ombang menjadikan perahu itu hancur.

” Kami hanya bisa menyelamatkan dieselnya saja. Masih lumayan karena kan masih bisa diperbaiki ,” kata sejumlah nelayan yang membantu penyelamatan.

Yang memilukan, saat kejadian hancurnya perahu yang selama ini menjadi gantungan hidup keluarganya, Priyanto tak ada di tempat. Dia ikut kapal pursain (kapal nelayan dengan kapasitas 50 orang-Red) melaut. Itu sering dilakukan para nelayan kecil, jika terjadi musim ombak besar.

” Kasihan Mbak Priyanto, dia tak tahu kalau perahunya hancur diterjang ombak. Dia berangkat melaut dua hari lalu ,” kata Subarkah diamini sejumlah nelayan lainnya. (Red.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: