Restrukturisasi Polri

Restrukturisasi Polri Sudah Jadi Tuntutan,

Makin di Bawah Makin Kuat

beritasurabayanet = suarasurabaya.net : Restrukturisasi di tubuh Polwiltabes Surabaya sudah menjadi tuntutan berdasarkan UU nomor 2 tahun 2002 tentang Polri. Dalam perundangan itu, unsur birokrasi Polri harus mengikuti pemerintahan sipil. Jika Gubernur punya pembantu residen kemudian dihapus, begitu juga Polwiltabes. Demikian kata NOVEL ALI anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) saat diwawancarai Suara Surabaya, Senin (28/06).

Berdasarkan grand design Strategi Mabes Polri 2010 – 2015, skala kekuatan di Mabes diperkecil, sementara tingkat Polda diperbesar, begitu pula di tingkat Polres yang semakin diperkuat. “Jadi semakin ke bawah, skala kekuatannya makin besar. Artinya, kalau dulu polsek yang jumlahnya hanya 24, sekarang ini tidak bisa lagi. Dengan kondisi geografis, konsekuensinya jumlah personil polsek harus lebih banyak,” kata NOVEL.

Sayangnya, jumlah personil Polri belum sesuai dengan standar PBB, perbandingannya 1 banding 500. Di Indonesia 1 banding 1.500 sampai 2.000 polisi. Karena itu menurut NOVEL ALI, penambahan anggota Polri harus diatas 500 orang. Selama ini jumlah personil yang pensiun dan baru masuk masih sama, atau zero growth.

NOVEL ALI mengakui dengan perubahan ini berdampak psikologis tinggi pada jajaran anggotanya. Banyak pejabat Polisi yang shock Banyak yang biasanya job jadi non job sehingga perlu pemberian pemahaman dari unsur pimpinan di daerah ke anggotanya.

Perubahan struktur ini kabarnya akan selesai sebelum 1 Juli 2010 mendatang, tapi nyatanya belum beres semua. Ini kemudian yang makin membingungkan anggota.

Namun di tengah ketidak sempurnaan ini diharapkan polisi masih tetap bisa memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat. Protes-protes dari jajaran bawah kepolisian juga diharapkan tidak terjadi. NOVEL ALI juga berharap struktur ini nantinya perlahan bisa disempurnakan. (Red.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: