Nihil Ungkap Korupsi, Kejati Jatim Warning 26 Kajari

beritasurabayanet – beritajatim : Sebanyak 26 Kejari mendapat peringatan dari Kejati Jatim terkait belum pernah melakukan penyeledikan kasus korupsi yang melibatkan sejumlah pejabat.

” Masih ada 26 Kejari belum ungkap atau nihil kasus korupsi ,”kata Aspidsus Kejati Jatim Mohamad Anwar kepada wartawan menyambut hari adhyaksa, Rabu (21/07/2010).

Dijelaskannya jika belum mengungkap kasus korupsi maka kajari tersebut akan diberi peringatan sedangkan yang sukses akan diberi penghargaan.

26 Kejari itu adalah Tanjung Perak, Gresik, Mojokerto, Jombang, Batu, Pasuruan, Bangil, Probolinggo, Kraksaan, Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, dan Blitar.

Selain itu, Nganjuk, Tulungagung, Trenggalek, Bondowoso, Banyuwangi, Bojonegoro, Lamongan, Pamekasan, Sumenep, Bangkalan, dan Sampang.

” Dari laporan anev Januari-Juni 2010 kami belum mengetahui alasan kenapa kok belum mengungkap kasus korupsi ,” kata Anwar.

Meskipun 26 Kejari kosong namun penyidikan korupsi seluruh jajaran Kejati Jatim mampu melampaui target yang ditetapkan Kejaksaan Agung.

Target Kejagung 226, tapi kami sudah mampu menyelesaikan 241 kasus yaitu Kejati Jatim sebanyak 33 kasus disusul Jember dengan 27 kasus, Surabaya 17 kasus dan Sidoarjo 14.

Tahun ini kasus korupsi terbesar yang diungkap Kejati Jatim adalah penyelewengan dana penguatan modal usaha kelompok tani senilai Rp25,9 miliar yang melibatkan seorang pejabat Dinas Perkebunan Jatim dan dua pimpinan Koperasi Usaha Bersama (KUB) Rosan Kencana.

Selama kurun waktu itu pula, Kejati Jatim telah berhasil menyelamatkan uang negara senilai Rp4,638 miliar. (Red.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: