PDAM Berencana Naikkan Tarif Air

beritasurabayanet – detiksurabaya : Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota  Surabaya berencana akan menaikkan tarif. Tapi mereka akan berkoordinasi dulu dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk membicarakan kenaikan tarif tarif dasar listrik (TDL).

Apabila tidak ada kenaikan air maka PDAM diperhitungkan rugi Rp 7-8 miliar per tahun. PDAM belum mengetahui besarnya kenaikan TDL yang dibebankan pada perusahaan yang menyediakan air bersih untuk masyarakat Surabaya itu.

” Kami masih belum bisa menentukan besarnya kenaikan tarif air, menyesuaikan dengan kenaikan TDL. Kami masih berkoordinasi untuk menentukan hal tersebut ,” kata Direktur Utama PDAM Kota Surabaya, M Selim kepada detiksurabaya.com melalui telepon selulernya, Kamis (22/7/2010).

Selim menyatakan bahwa kenaikan tarif air ini memang harus dilakukan karena berbagai faktor yang salah satunya kenaikan TDL. Selain kenaikan TDL, harga dasar air yang dibeli oleh PDAM dari Jasa Tirta mengalami kenaikan sehingga mau tidak mau tarif air tidak bisa dihindari lagi masyarakat.

Pria berkacamata ini menambahkan bahwa kenaikan tarif air ini akan dipertimbangkan sebaik-baiknya agar tidak terlalu membebankan masyarakat. Artinya PDAM akan menghitung sesuai dengan pertimbangan oleh tim penghitungan tarif air dan tetap memperhatikan semua pihak dan tidak merugikan masyarakat.

Saat ini tarif air besarnya bervariasi, sesuai dengan keperluan dan lokasi tersebut namun besarnya antara Rp 350 permeterkubik hingga Rp 10 ribu permeterkubik. Kenaikan akan disesuaikan dengan kenaikan TDL yang dibebankan PLN.

” Kami masih belum bisa menentukan tapi kami tetap memperhatikan masyarakat dan berusaha tidak merugikan masyarakat. Tarif ini harus naik karena pertimbangan tersebut, mengenai besarnya kenaikan masih akan dihitung ,” tandasnya. (Red.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: