Satu Peleton Brimob Ikut Amankan Coblos Ulang Di Surabaya

beritasurabayanet – suarasurabaya.net : Satu peleton Brimob Polda Jawa Timur ikut disiagakan menjaga coblosan dan penghitungan ulang Pemilukada Surabaya di 5 kecamatan dan 2 kelurahan. Dengan demikian, kekuatan personel yang disiagakan mengamankan wilayah coblosan dan penghitungan ulang akan bertambah.

Dari 4.220 personel Polrestabes Surabaya, 3.165 personel atau tiga per empat kekuatan akan dikerahkan memperkuat penjagaan dengan pola 1-1-2. Menurut AKBP BAHAGIA DACHI Wakapolrestabes Surabaya pada wartawan, Jumat (23/07), pola pengamanan Pemilukada Surabaya untuk coblos dan penghitungan ulang Pemilukada Surabaya berbeda dengan Pemilukada Surabaya 2 Juni lalu.

Saat 2 Juni lalu menggunakan pola 1-4-8, satu polisi menjaga 4 tempat pemungutan suara (TPS) dibantu 8 anggota Linmas. Nantinya, polisi akan menyiagakan 1 polisi menjaga 1 TPS dengan 2 orang anggota Linmas yang diperbantukan.

DACHI menjelaskan para personel akan ditempatkan di 1.016 TPS, di Kecamatan Bulak, Semampir, Krembangan, Rungkut, dan Sukolilo serta di Kelurahan Putat Jaya dan Sawahan.

Selain satuan Brimob, Polrestabes juga menurunkan anggota Pengendalian Masyarakat (Dalmas) Polrestabes dan Polda Jatim, serta anggota gabungan lainnya dari Linmas Pemkot Surabaya.

DACHI menampik tudingan, jika pengerahan personel tersebut dianggap sangat berlebihan dan potensi ancaman keamanan meningkat. “ Ini hanya untuk menciptakan rasa aman bagi para pemilih yang akan menyalurkan aspirasinya. Jadi, tak ada kaitannya dengan isu ricuh ,” katanya.

Sesuai komitmen yang dijalin antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya, Panitia Pengawas Pemilukada (Panwaslu) Surabaya dan tim sukses 5 kandidat, disepakati pelaksanaan coblosan dan penghitungan ulang harus tercipta rasa aman dan damai di masyarakat. Sejauh ini pihaknya tidak menemukan TPS yang bermasalah dan rawan saat coblos ulang yang telah dijadwal awal Agustus depan. (Red.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: