Bromo Semburkan Vulkanik Bom

beritasurabayanet – Probolinggo (beritajatim.com) : Letusan Gunung Bromo terus membesar setiap harinya. Letusan Bromo yang kini sudah bukan Freaktif melainkan Letusan Freato Magmatik mengeluarkan Vulkanik Bom, yakni bebatuan yang terbentuk dari lava pijar yang terlontar dari kawah dan membeku.

“Bromo saat ini tidak hanya mengeluarkan abu, kerikil dan Lapili, tetapi bongkahan bebatuan yang disebut Vulkani Bom,” kata Kasubid Pengamatan Gunung api Indonesia PVMBG Bandung, Agus Budiyanto pada wartawan di Pos Pengamatan Gunung Bromo di Cemoro Lawang Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura, Sabtu (25/12/2010).

Menurut dia, lajar pijar yang merupakan bagian dari magma sudah ada di bibir kawah. Sehingga terjadi dorongan akumulasi energi besar, magma terlontar keudara membentuk bulatan dan membeku (vulkanik bom).

“Pengamatan visual, Vulkanik Bom terlontar di sekitar kawah Bromo,” ungkapnya.

Meski letusan Gunung Bromo terus membesar, status tetap Siaga dan belum dinaikkan menjadi Awas. Ini karena bahaya primernya hanya terjadi di luatan pasir 2 kilometer dari kawah. Sedangkan bahaya sekundernya yang merupakan hujan pasir dan abu sudah mengarah ke pemukiman penduduk, sehingga belum bahaya.

“Bahaya sekunder tidak terlalu bahaya bagi warga, tetapi warga harus menggunakan masker dan kata mata,” ungkapnya.

Bahaya sekunder Bromo seperti abu dan pasir menyelimut lahan pertanian dan rumah warga. Sehingga warga harus memberihkan abu dan pasir yang menyelimuti gentengnya agar tidak ambruk.

“Bahaya sekunder masih bisa diantisipasi oleh warga. Ini hanya membahayakan kesehatan khususnya balita dan orang sepuh,” ujar Agus.

Pengamatan beritajatim.com di Desa Ngasidari Kecamatan Suka Pura, warga banyak yang membersihkan atap rumahnya yang diselimuti abu Bromo yang cukup tebal. Sedangkan ratusan hektare lahan pertanian juga rusak dan petani tidak bisa melakukan aktivitas di luar rumah. (Red.)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: