Kubah Semeru Berkembang, Berpotensi Muntahkan Awan Panas

beritasurabayanet – Lumajang (beritajatim.com) : Selain Gunung Bromo, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Bandung juga memantau aktivitas Vulkanik Gunung Tertinggi di Pulau Jawa yakni Semeru di Lumajang-Jawa Timur.

Hal ini didasarkan Gunung Semeru terus membentuk kubah lava baru yang menutup kawah Puncak Jonggringg saloko. “Semeru tetap kami pantau, karena ada kubah lava baru yang terus meninggi, jika meletus bisa terjadi awan panas,” kata Kasubid Pengamatan Gunung Api Indonesia PVMBG Bandung, Agus Budiyanto pada wartawan di Pos pengawasan Gunung Bromo, Cemoro Lawang Desa Ngadisari kecamatan Sukapura-Probolinggo, Minggu (25/12/2010).

Dia menambahkan, saat ini letusan dipucak Gunung Bromo sudah tidak terlihat lagi, namun hanya hembusan asap putih. Hal demikian dikarenakan mulut kawah tertutup oleh perkembangan kubah lava baru.

“Kalau ada akumulasi enegeri besar dan menjebol kubah lava, bisa terjadi awan panas yang meluncur ke Desa/Kecamatan Pronojiwo dan daerah terdekat yang terkena dusun Rowo Baung,” tutur Agus.

Aktivitas vulkanik Gunung Semeru untuk Gempa Vulkanik dalam dan dangkal terus terpantau. Sedangkan gempa tremor terus terjadi dan naik turun.

“Gunung Semeru Juga mengkhawatirkan, selain Bromo, Merapi, Raung dan Anak Krakatau,” ungkapnya.

Untuk Semeru Zona Bahaya berada 4 kilometer dari puncak Semeru, hal ini setelah ada rekomendasi dari PVMBG Bandung saat terjadi guguran lava pijar. “Semua gunung api aktif terus kami pantau setiap hari, dan petugas yang mengawasi gunung terus melapor ke bandung,” ungkapnya. [Red.]

 

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: